Senin, 17 Oktober 2011

MENGENAL APLIKASI DELPHI

IDE (Integrated Development Environment) pada program Delphi terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu:

1. Main Window
2. ToolBar
3. Component Palette
4. Form Designer
5. Code Editor
6. Object Inspector
7. Code Explorer
8. Object TreeView

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di samping >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

IDE merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain aplikasi, menjalankan dan menguji suatu aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program. Dalam bahasa awamnya, semua yang kita perlukan untuk membuat suatu aplikasi, sudah tersaji dengan bailk, lengkap, tanpa perlu install ini dan itu. ok, sobat dah paham to?

Nah, sekarang akan saya jelaskan secara detil satu per satu dari bagian utama ini agar ......


para sahabat bisa memahaminya secara menyeluruh :

1. Main Window
Jendela utama ini adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. Jendela utama Delphi terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: Main Menu, Toolbar dan Componen Pallete

2. Tollbar
Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Toolbar tersebut antara lain sebaggai berikut sobat yaitu: Standart, View, Debug, Desktops, Custom dan Componen Palette.
Tombol-tombol yang terletak pada bagian toolbar dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan sobat blogger. lalu bagaimanakah caranya? gampang sobat, caranya adalah sebagai berikut :
a. Klik kanan pada bagian toolbar dan pilih Customize
b. Sehingga muncul kotak dialog Customize.

c. Untuk menambah tombol pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah yang terdapat pada kotak Commands kemudian tariklah ikon tersebut pada bagian toolbar.
d. Untuk mengurangi tombol perintah yang terletak pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah dan kemudian tarik ikon tersebut keluar dari toolbar.
Gimana sobat blogger, simpel kan? kalau belum bisa, silahkan sobat blogger coba-coba sendiri.


3. Component Pallete

Component Palette berisi kumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Nah, komponen inilah yang membuat aplikasi delphi dikatakan sebagai aplikasi berbasis objek atau istilah kerennya nih sobat yaitu OOP ( Object Orienting Programming ) maksudnya program diberikan/ dipicu oleh event-event suatu object. lalau event itu apa? nanti deh, pada bagian membuat aplikasi saya jelaskan. OK? sekarang kita kembali kepada Komponen Palette lagi. Komponen ini dibagi menjadi berapa page control, seperti Standart, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain. Nah, gambar dari komponen tersebut kayak gini kawan


Tuh, keliatan kan? Nah, mungkin dari sobat ada yang bertanya, kenapa ada gambar panah/pointer dalam setiap tab? itu karena tombol ini bukan objeck melainkan tombol yang dipakai untuk menekan atau memilih posisi. Trus cara make komponen ini gimana? gampang, nanti saya jelaskan pada bab 2. ok?

4. Form Designer
Merupakan suatu objek yang berfungsi sebagai tempat kita untuk merancang program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil kita dari Component Palette tadi. Pada saat sobat memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang disebut form1, seperti gambar ini nih :


Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form dan sobat dapat mengendalikan komponen-komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.. Nah, apalagi ini? tenang akan saya jelaskan di point 5 dan 6. sabar ya?








5. Code Editor
Code Editor merupakan bagian di mana kita dapat menuliskan kode program.Sobat perlu tahu, bahwa aplikasi Delphi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu kita tidak perlu lagi menuliskan kode-kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti pada gambar di samping
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>





6. Object Inspector 
Digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen. Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events seperti gambar di samping >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>




7. Code Explorer
Code Explorer merupakan lembar kerja baru yang terdapat di dalam Delphi7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor. Untuk menutup Code Explorer, klik tanda silang yang terdapat di sudut kanan atas, dan untuk membukanya kembali pilih menu View Æ Code Explorer dari main menu atau klik kanan dalam jendela Code Editor kemudian pilih View Explorer.

8. Object TreeView
Object TreeView menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila sobat mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam object treeview ini, sobat dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.
berikut screenshoot nya:


Nah, Sekarang sobat blogger sudah tahu kan delphi tu kayak apa, dan bagaimana kegunaan dari tiap - tiap bagiannya? OK, sekarang kita lanjut ke BAB 2 yaitu Saya akan menjelaskan lebih rinci lagi kegunaan atau fungsi dari tiap-tiap menu di Delphi sehingga sobat blogger lebih paham secara mendalam program delphi ini.

KEMBALI KE MENU UTAMA

1 komentar:

  1. https://ilmuteknik.id/fungsi-reaktor-nuklir-untuk-proses-penelitan-dan-riset/

    BalasHapus

Ranking Blog Ini